Puluhan Profesor Deklarasikan Forum Dewan Guru Besar Indonesia

INDONESIASATU.CO.ID:

YOGYAKARTA - Puluhan guru besar dari berbagai perguruan tinggi mendeklarasikan Forum Dewan Guru Besar Indonesia. Forum ini untuk mensinergikan antara guru besar yang ada di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Sebanyak 30 perguruan tinggi se Indonesia yang bergabung dalam forum itu. Mereka mendeklarasikan di halaman Balairung Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (4/8/2017). 

Ketua Forum Dewan Guru Besar Indonesia, Prof Dr Ir Putu Sudira, MSc., mengatakan tujuan dibentuknya forum ini untuk mensinergikan antara guru besar. Walaupun setiap perguruan tinggi sudah memiliki dewan guru besar di masing-masing kampus.

"Sebenarnya masing-masing universitas sudah memiliki organisasi dewan guru besar. Tapi ada hal yang perlu kita sinergikan di antara universitas di seluruh Indonesia," ucap Putu yang juga Ketua Dewan Guru Besar UGM seusai deklarasi.

Putu berharap terbentuknya Forum Dewan Guru Besar Indonesia bisa berkonstribusi kepada negara. Keberadaan guru besar diharapkan bisa memberikan sumbangsih pemikiran kepada pemerintah. 

"Intinya kami ingin (turut) memecahkan masalah bangsa. Saat ini Ada 30 perguruan tinggi dengan jumlah 66 guru besar. Dari UGM 30-an, jadi 96 atau hampir ada 100 guru besar yang ikut deklarasi ini," katanya.

Dia mengatakan setelah terbentuk forum ini, yang harus dilakukan yakni melengkapi AD/ART. Baru kemudian dalam forum tersebut akan dibentuk beberapa kluster. Kluster-kluster tersebut nantinya dibentuk setiap masing-masing bidang keilmuan.

"Langkah pertama setelah terbentuk forum dewan guru besar Indonesia, yakni menyusun AD/ART. Nanti kami rinci kegiatan-kegiatan selanjutnya, kegiatan riset dan permasalahan bangsa. Baru nanti kami bentuk kluster, misalnya kluster hukum, humaniora atau energi. " paparnya.

Menurut dia, saat ini belum bisa memperinci kluster-kluster tersebut. Jenis-jenis kluster belum ditentukan. Selain itu akan dibentuk tim kelompok kerja yang akan membahas berbagai isu penting sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.

Dia menambahkan berbagai pemikiran para guru besar tersebut akan disampaikan kepada pemerintah selaku pengambil kebijakan untuk menangani persoalan dengan lebih baik. 

Langkah selanjutnya setelah Forum Guru Besar Indonesia ini terbentuk akan melaksanakan pertemuan secara periodik dengan menggandeng perguruan tinggi yang lain. 

Salah satu anggota Guru Besar dari Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Prof Trisno Martono, mengatakan ia bersama anggota guru besar yang lain berkomitmen mendukung terbentuknya forum ini dalam rangka ikut andil memberikan pemikiran dan gagasan menyelesaikan persoalan bangsa. 

"Tujuannya mulia untuk memikirkan kepentingan bangsa. Saya kira banyak hal yang bisa diberikan para guru besar yang ada di perguruan tinggi," katanya. 

Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono, MEng, DEng menegaskan, terbentuknya Forum Dewan Guru Besar Indonesia bukan untuk menandingi Asosiasi Profesor Indonesia. Oleh sebab itu dia meminta agar pengurus forum ini, untuk segera berkomunikasi dengan asosiasi tersebut.

"Mohon Pak Ketua (Putu) berkomunikasi dengan Asosiasi Profesor Indonesia. Karena kami bukan organisasi tandingan, atau organisasi yang berbeda pandangan. Tapi kami ingin saling bersinergi dengan peran masing-masing, tidak untuk berkompetisi," pungkasnya.

SUMBER: DETIK.COM

  • Whatsapp

Index Berita